RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
(RPL)
BIMBINGAN
DAN KONSELING
A. Materi Layanan : Konsep Diri Remaja
B. Jenis Layanan : Layanan
Informasi
C. Fungsi Layanan : Pemahaman
dan Pencegahan
D. Bidang Layanan : Pribadi
E. Tugas Perkembangan : Mempersiapkan
diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan
psikis yang terjadi pada diri sendiri.
F.
Tujuan :
Siswa mampu mengembangkan konsep diri yang positif
G. Materi :
Materi yang diberikan meliputi:
1.
Mengenal konsep diri
2.
Faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri
3.
Hal yang perlu dilakukan remaja untuk mengembangkan konsep diri
H. Kegiatan Layanan :
Tahap
Kegiatan Layanan
|
Uraian
Kegiatan
|
Kegiatan Awal
|
Konselor masuk ke ruang kelas dan mengucapkan
salam.
|
Konselor mengajak
untuk berdoa bersama-sama.
|
|
Konselor memperkenalkan
diri, Konselor menyampaikan
tujuan dan manfaat dari kegiatan layanan ini.
|
|
Konselor menyampaikan
tema yang akan dibahas.
|
|
Kegiatan Inti
|
Konselor menyampaikan
materi dan menanyakan pendapat siswa tentang konsep diri.
|
Konselor memberikan pertanyaan sebagai evaluasi.
|
|
Konselor merangkum
serta menyimpulkan apa yang sudah dibahas secara bersama.
|
|
Kegiatan Penutup
|
Konselor memberitahukan kepada konseli bahwa kegiatan telah selesai.
|
Konselor mengucapkan
terimakasih dan mengucapkan
salam penutup.
|
I. Sasaran Layanan : Kelas VIII
J. Waktu Pelaksanaan : Selasa, 31
Mei 2016
K. Tempat Pelaksanaan : Ruang Kelas
L. Sumber/Bahan Alat : Internet
M. Penyelenggaraan Layanan :
Konselor
N. Alat dan Perlengkapan : LCD
dan PC-Komputer/laptop
O. Penilaian : Penilaian yang dilakukan pada
layanan ini yaitu:
1.
Penilaian Proses : Observasi
2.
Penilaian Hasil : Tes Tulis
Mengetahui, Surabaya,
31 Mei 2016
Kepala Sekolah Konselor
………………….. DEWI
WULANDARI
NIP. 12
500 0025
LAMPIRAN 1
Uraian Materi:
KONSEP DIRI
A.
Mengenal
Konsep Diri
Para
ahli psikologi dan komunikasi memberikan rumusan tentang konsep diri sebagai
berikut:
1. Konsep
diri adalah gambaran, pandangan, keyakinan, dan penghargaan, atau perasaan
seseorang tentang dirinya sendiri (R.H. Dj. Sinurat).
2. Konsep
diri adalah penghargaan diri, nilai diri, atau penerimaan diri. Konsep diri
meliputi semua keyakinan dan penilaian tentang diri sendiri. Hal ini akan
menentukan siapa kita menurut pikiran sendiri, apa yang dapat kita lakukan
menurut pikiran sendiri, dan menjadi apa menurut pikiran sendiri (Burns).
Konsep
diri dapat didefinisikan secara umum sebagai keyakinan, pandangan atau
penilaian seseorang terhadap dirinya. Seseorang dikatakan mempunyai konsep
diri, diri negatif jika ia meyakini dan memandang bahwa dirinya lema, tidak
berdaya, tidak dapat berbuat apa-apa, tidak kompeten, gagal, malang, tidak menarik,
tidak disukai dan kehilangan daya tarik terhadap hidupnya. Sebaliknya,
seseorang dengan konsep diri positif akan terlihat lebih optimis, penuh percaya
diri dan selalu bersikap positif terhadap segala sesuatu, juga terhadap
kegagalan yang dialaminya.
Konsep
diri terbentuk melalui proses belajar sejak masa pertumbuhan seorang manusia
dari kecil hingga dewasa. Lingkungan, pengalaman, dan pola asuh orang tua turut
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap konsep diri yang terbentuk. Sikap
atau respon orang tua dan lingkungan akan menjadi bahan informasi bagi anak
untuk menilai siapa dirinya. Oleh sebab itu, seringkali anak-anak yang tumbuh
dan dibesarkan dalam pola asuh orang tua yang salah dan negatif ataupun
lingkungan yang kurang mendukung, cenderung mempunyai konsep diri yang negatif
pula.
B.
Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Perkembangan Konsep Diri
Konsep
diri bukanlah bawaan lahir, melainkan hasil belajar. Semenjak manusia mengenal
lingkungan hidupnya, semenjak itu pula ia belajar banyak hal tentang kehidupan.
Berbagai faktor yang dapat mempengaruhi proses pembentukan konsep diri
seseorang, seperti hal-hal berikut ini:
1. Pola
Asuh Orang Tua
Pola asuh orang tua
menjadi faktor yang signifikan dalam mempengaruhi konsep diri yang terbentuk.
Sikap positif orang tua yang terbaca oleh anak, akan menumbuhkan konsep dan
pemikiran yang positif serta sikap menghargai diri sendiri. Sikap negatif orang
tua akan mengundang pertanyaan pada anak, dan menimbulkan asumsi bahwa dirinya
tidak cukup berharga untuk dikasihi, disayangi, dan dihargai.
2. Kegagalan
Kegagalan yang
terus-menerus dialami seringkali menimbulkan pertanyaan kepada diri sendiri dan
berakhir dengan kesimpulan bahwa semua penyebabnya terletak pada kelemahan
diri. Kegagalan membuat orang merasa dirinya tidak berguna.
3. Depresi
Orang yang sedang
mengalami depresi akan mempunyai pemikiran yang cenderung negatif dalam
memandang dan merespon segala sesuatu, termasuk menilai diri sendiri. Segala
situasi atau stimulus yang netral akan dipersepsi secara negatif.
4. Kritik
Internal
Mengkritik diri sendiri
memang dibutuhkan untuk menyadarkan seseorang akan perubahan yang telah
dilakukan. Kritik terhadap diri sendiri sering berfungsi menjadi regulator atau
rambu-rambu dalam bertindak dan berperilaku agar keberadaan kita diterima oleh
masyarakat dan dapat beradaptasi dengan baik.
C. Hal yang perlu dilakukan remaja untuk mengembangkan konsep diri
Hal yang
dapat dilakukan untuk mengembagkanm konsep diri positif pada remaja adalah
sebagai berikut:
a.
Belajar tentang diri
sendiri, peka terhadap informasi, tanggapan, dan umpan balik.
Contoh: tidak mudah
terpengaruh dengan iklan dan isu yang tidak bermanfaat
b.
Mengembangkan kemampuan,
menemukan, dan meresapkan dalam hati unsur-unsur positif yang dimiliki,
menghindari hal negatif dan menanggapi setiap kejadian dengan sewajarnya.
Contoh: Mengembangkan
kemampuan jiwa kepemimpinan dalam suatu organisasi.
c.
Menerima dan mengakui diri
sendiri sebagai manusia biasa dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Contoh: Tidak ikut perkembangan
remaja yang merusak seperti begadang di malam hari, merokok, keluyuran dan
lain-lain.
d.
Memandang diri sendiri sebagai
manusia yang berharga, dan mampu mempengaruhi perkembangan kehidupan sebagai
remaja.
Contoh: Memiliki cita-cita,
menjadi remaja yang berkualitas, dan mampu memberikan kontribusi yang berarti
bagi kehidupan.
LAMPIRAN 2
Rencana
Penilaian: Penilaian segera
A.
Penilaian
Proses Layanan Informasi (dikelas)
NO
|
INDIKATOR
YANG DIAMATI
|
A
|
B
|
C
|
1
|
Peserta
layanan dapat bekerja sama
dalam kelompok
|
|||
2
|
Keaktifan
peserta didik dalam mengikuti layanan dan partisipasi aktif
|
|||
3
|
Partisipasi
perseta didik dalam mengikuti layanan
|
|||
4
|
Materi
layanan diamati peserta layanan (konseli)
|
|||
5
|
Fasilitas
mendukung dalam layanan
|
|||
Jumlah
|
Keterangan:
A : Baik = jumlah
skor 10-15
B :
Cukup = jumlah skor 9-5
C : Kurang = jumlah skor 1-5
B.
Penilaian
Hasil Layanan Informasi (dikelas)
Nama :……………………….
Kelas :……………………….
No. Urut :……………………….
LEMBAR
EVALUASI
Jawablah
pertanyaan berikut sesuai pendapat anda ! Jawaban yang anda berikan tidak mempengaruhi nilai rapor anda ! Uraikan
jawaban dengan sebenar – beanrnya !
1. Menurut anda pribadi,
bagaimana cara anda mengembangkan konsep diri positif dalam kehidupan remaja ?
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Apakah anda sudah merasa
memiliki konsep diri positif dalam diri anda ? Uraikan alasan anda yang
menguatkan pernyataan anda !
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.
Anda ingin menjadi pribadi
yang seperti apa?
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Sands Casino | Play Slots for Real Money | SG Casino
BalasHapusThe new 제왕카지노 online casino, Sands Casino, is here in our website and is our newest game. 샌즈카지노 Just play and win! Read 메리트 카지노 주소 more ».